Analysis Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.5048Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan instrumen penilaian sikap sosial pada pembelajaran pendidikan pancasila di kelas IV SDN 1 Labuhan Dalam, SDN 2 Labuhan Dalam, dan SDN 3 Labuhan Dalam. metode penelitian ini menggunakan model ADDIE, pelaksanaan dalam penelitian ini berfokus pada tahap Analysis. Pengumpulan data penelitian menggunakan lembar obsecrasi dan notulensi studi literatur. Analisis dilakukan pada 4 poin yaitu: 1) situational assessment, 20 content analysis, 3) formative evaluation dan 4) summative evaluation plan. Hasil analisis diadapatkan bahwa pendidik dalam proses pembelajarannya masih kurang dalam merancang struktur konten pembelajaran dengan memperhatikan sistematika hirarkis materi, hubungan antara konsep-konsep. Selain itu, pendidik kurang memperhatikan relevansi dan keterkaitan konten pembelajaran dengan tujuan pembelajaran dan kebutuhan peserta didik, relevansi antara konten dengan kehidupan peserta didik, aplikasi praktis, dan sikap sosial. Hasil studi literatur dalam penelitian ini didapatkan hasil bahwa rincian aspek penilaian sikap sosial 1) Pembentukan mental empati; 2) Sikap kerjasama dan kolaborasi; 3) Sikap toleransi dan menghargai perbedaan; 4) Sikap tanggung jawab sosial; 5) Pemecahan Konflik dan Keterampilan Komunikasi. Instrumen yang dikembangkan akan dilakukan uji kelayakan dari ahli asessment penelitian dan evaluasi Pendidikan dan Kelayakan penilaian sikap sosial pada pembelajaran Pendidikan Pancasila.