Efektivitas Metode Praktik pada Pembelajaran Fisika dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa SMK Mengukur Kalor yang Diterima Oleh Sebuah Bahan

Authors

  • Dewi Kurniawati Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Lutfiyah Hidayati Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Junaidi Prihanto Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.5063

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengukur kalor yang diterima sebuah bahan dari setiap siklus kegiatan pembelajaran menggunakan metode praktik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan populasi siswa kelas X RPL 1 di SMK Negeri 4 Bojonegoro tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 36 siswa. Instrumen penelitian berupa lembar rencana pembelajaran, kisi-kisi soal untuk mengukur hasil belajar dan lembar observasi. Metode pengumpulan data untuk memperoleh data tentang prestasi belajar siswa. Analisa data dalam penelitian ini dirancang dengan pemberian perlakuan yang berbeda pada tahapan penelitian yang dilakukan sebanyak 3 siklus. Pada siklus I dengan pemberian LKS dengan penjelasan dan pengerjaan mandiri dalam kelompok, setelah dilakukan evaluasi maka di siklus II dilakukan perbaikan dengan pemberian LKS sepekan sebelumnya, kemudian di siklus III dengan mengintensifkan bimbingan dengan tutor sebaya pada kelompok siswa yang lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode praktik yang sudah dilaksanakan menunjukkan peningkatan nilai rata-rata pada siklus 1 sebesar: 60, siklus 2 sebesar: 69 dan siklus 3 sebesar: 84, membuat siswa lebih mudah memahami konsep Hasil penyelidikan mengenai perpindahan kalor pada pembelajaran Fisika. Siswa merasa dilibatkan secara aktif dalam mempelajari konsep, serta siswa merasa mudah menerima materi pelajaran khususnya Fisika.

Published

2024-08-06

How to Cite

Kurniawati, D. ., Hidayati, L. ., & Prihanto, J. . (2024). Efektivitas Metode Praktik pada Pembelajaran Fisika dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa SMK Mengukur Kalor yang Diterima Oleh Sebuah Bahan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(8), 8696-8701. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.5063