Analisis Penyampaian Pesan dalam Konten Akun Instagram @Greenpeace.id pada Periode 28 November 2023 – 10 Februari 2024
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5074Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan penyampain pesan dalam konten akun Instagram @Greenpeace.id pada periode 28 November 2023 – 10 Februari 2024. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif untuk menemukan jawaban yang ingin diketahui yaitu kecenderungan konten akun Instagram @Greenpeace.id pada masa kampanye pemilu 2024. Penelitian ini dibantu oleh tiga coder yang diberikan penjelasan dan pelatihan sebelum mengisi lembar kode yang disediakan oleh peneliti. Dalam penelitian ini sampel yang dipilih adalah konten @Greenpeace.id pada masa kampanye Pemilu 2024 yang ada pada 28 November 2023 – 10 Februari 2024 yang berjumlah 53 konten. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa pada kategori topik, sub kategori yang mendominasi adalah krisis iklim dengan persentase 33,3%. Pada kategori sifat pesan, sub kategori yang mendominasi adalah kontra dengan persentase 47,1%. Pada kategori bentuk pesan, sub kategori yang mendominasi adalah persuasif dengan persentase 66,7%. Yang terakhir pada kategori sasaran pesan, sub kategori yang mendominasi adalah mix dengan persentase 37%. Maka kecenderungan pada masing-masing kategori tersebut diindikasikan pada sub kategori yang paling dominan.