Pendekatan Pedagogis dalam Desain Kurikulum: Studi “Menjawab Tantangan Abad 21”
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.5076Abstract
Dalam menghadapi tantangan pendidikan yang kompleks dan dinamis di abad 21, pendekatan pedagogis dalam desain kurikulum menjadi kunci untuk memastikan bahwa siswa memiliki keterampilan dan pengetahuan yang relevan untuk berhasil di dunia yang terus berubah. Diskusi dimulai dengan pemahaman mendalam tentang konsep konstruktivisme, yang menyoroti peran aktif siswa dalam membangun pengetahuan mereka melalui pengalaman langsung dan interaksi sosial. Selanjutnya, artikel mengeksplorasi prinsip-prinsip pedagogi penting seperti partisipasi siswa, fleksibilitas, dan relevansi dalam konteks desain kurikulum. Prinsip-partisipasi siswa menekankan pentingnya melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran, sementara prinsip fleksibilitas mendorong penyesuaian kurikulum sesuai dengan kebutuhan dan minat individu siswa. Sementara itu, prinsip relevansi memastikan bahwa materi pelajaran dan aktivitas pembelajaran memiliki kaitan langsung dengan kehidupan nyata dan tantangan abad 21. Artikel ini juga menyoroti pentingnya kolaborasi antarpendidik dan pengembang kurikulum dalam berbagi praktik terbaik dan strategi pembelajaran yang efektif. Terakhir, artikel membahas peran teknologi pendidikan yang inovatif dalam memperkaya pengalaman belajar siswa, dengan mempertimbangkan pembelajaran berbasis teknologi dan pemanfaatan alat-alat digital untuk memfasilitasi pembelajaran yang berbeda-beda. Dengan merangkum teori-teori kurikulum, prinsip-prinsip pedagogi, dan pemanfaatan teknologi pendidikan, artikel ini memberikan pandangan menyeluruh tentang bagaimana pendekatan pedagogis dalam desain kurikulum dapat menghadapi tantangan pendidikan di era abad 21.