Efek Moderasi Kreativitas Guru pada Pengaruh Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi

Authors

  • Marta Florentina Simangunsong Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ikaputera Waspada Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rasto Rasto Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.5135

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa berdasarkan Penilaian Akhir Semester (PAS) siswa kelas XI SMA mata pelajaran Ekonomi Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023 di Kota Sukabumi sebagian besar belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kreativitas guru, TPACK guru dan hasil belajar siswa serta mengetahui dan menganalisis kreativitas guru dalam memperkuat pengaruh TPACK guru terhadap hasil belajar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan metode penelitian survei eksplanatoris. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 455 siswa, dengan jumlah sampel penelitian 213 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan Moderated Regression Analysis (MRA) menggunakan program SPSS V.25. Hasil penelitian menunjukkan: (i) tingkat TPACK guru dan kreativitas guru Ekonomi menurut persepsi siswa berada pada kategori sedang, serta hasil belajar siswa berdasarkan PAS mata pelajaran Ekonomi kelas XI SMA Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023 di Kota Sukabumi sebagian besar belum mencapai KKM; (ii) kreativitas guru mampu memoderasi pengaruh TPACK guru terhadap hasil belajar siswa, dimana nilai t hitung = 2,477 > t tabel = 1,971 dengan nilai signifikan 0,014 (<0,05)). Beberapa rekomendasi berdasarkan hasil penelitian, diantaranya pelatihan TPACK dan kreativitas guru, kolaborasi antar guru, dan penelitian mengenai integrasi teknologi.

Published

2024-06-19

How to Cite

Simangunsong, M. F. ., Waspada, I. ., & Rasto, R. (2024). Efek Moderasi Kreativitas Guru pada Pengaruh Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 6114-6120. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.5135