Pengembangan Instrumen untuk Mengukur Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.5151Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat angket yang valid dan reliabel dalam menilai motivasi siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Penelitian ini mengkaji enam konstruk: (1) ketekunan dalam keterlibatan tugas, (2) motivasi dan kebutuhan belajar, (3) kenikmatan dan kepuasan dalam penyelesaian tugas, (4) preferensi untuk bekerja mandiri, (5) kecenderungan bosan dengan tugas-tugas rutin. , dan (6) adanya lingkungan belajar yang mendukung. Penelitian ini melibatkan 40 responden yang merupakan siswa kelas V Sekolah Dasar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 25.00 untuk sistem operasi Windows. Temuan menunjukkan bahwa seluruh survei menunjukkan validitas dan reliabilitas, terlihat dari skor reliabilitas Cronbach Alpha yang tinggi (0,418 > 0,312). Selain itu, setiap item pernyataan menunjukkan nilai yang tinggi (berkisar antara 0,862 hingga 0,846), sehingga menghasilkan total nilai konstruk sebesar 0,857. Penelitian ini menawarkan evaluasi alternatif untuk motivasi belajar. Menyadari dampak yang signifikan terhadap kemajuan evaluasi pendidikan dan psikologi, khususnya yang berkaitan dengan motivasi mahasiswa pada mata kuliah IPA.