Pengaruh Media Pembelajaran Ular Tangga terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.5169Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan peningkatan kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika antara siswa yang menggunakan media ular tangga (kelas eksperimen) dan kelas yang menggunakan media gambar (kelas kontrol). Metode penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimental dengan desain non-equivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel X yang merupakan media ular tangga, dan variabel Y yang merupakan pengertian konsep matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 5 Malang, dengan jumlah siswa sebanyak 26 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tes dalam bentuk esai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan media ular tangga dan kelas kontrol yang menggunakan media gambar. Selain itu, terdapat peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep matematika (gain) pada kelas eksperimen yang menggunakan media pendidikan ular tangga dan kelas kontrol yang menggunakan media pembelajaran gambar.