Filsafat dan Tujuan Pendidikan: Nilai Nilai Imanen
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.5174Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi filsafat pendidikan dan tujuan pendidikan berdasarkan nilai-nilai imanen seperti kemanusiaan, martabat, keadilan, kebebasan, kebenaran, dan kepedulian sosial. Filsafat pendidikan, yang menggabungkan aspek filsafat dan pendidikan, berperan penting dalam membentuk karakter, etika, dan kemanusiaan. Tujuan pendidikan yang diidentifikasi meliputi kecerdasan, pengembangan potensi, penguasaan ilmu, kepribadian, dan moralitas. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan penelitian kepustakaan, data dikumpulkan dari berbagai sumber untuk memahami dan mengeksplorasi filsafat dan tujuan pendidikan berdasarkan nilai-nilai imanen. Analisis dilakukan dengan metode deskriptif analitis, yang menghasilkan pemahaman mendalam tentang filsafat dan tujuan pendidikan berdasarkan nilai-nilai imanen dan nilai-nilai luhur yang terdapat di dalamnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan memiliki tanggung jawab besar dalam menciptakan masyarakat yang adil dan bermakna melalui pengajaran nilai-nilai yang mendalam. Juga menekankan pentingnya pendekatan pendidikan yang komprehensif untuk mempersiapkan individu dengan kebijaksanaan, empati, dan tanggung jawab sosial, menciptakan masyarakat yang adil dan harmonis.