Transformasi Pendidikan di Indonesia: Dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Ke Kurikulum 2013

Authors

  • Shalsa Nabilla Universitas Jambi, Indonesia
  • Gita Puspita Sari Universitas Jambi, Indonesia
  • Noivaida Silalahi Universitas Jambi, Indonesia
  • Pusparatri Ekayani Universitas Jambi, Indonesia
  • Lisa Rahmayanti Universitas Jambi, Indonesia
  • Karmilla Karmilla Universitas Jambi, Indonesia
  • Bradley Setiyadi Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.5189

Abstract

Fokus penelitian ini adalah pergeseran dan masalah yang dihadapi kurikulum di Indonesia selama pergeseran dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) ke Kurikulum 2013. Tujuan KTSP adalah untuk mendesentralisasi dan menyesuaikan pendidikan dengan kebutuhan lokal. Namun, mereka menghadapi masalah dengan standarisasi dan kualitas yang berbeda. Karena itu, Kurikulum 2013 dibuat untuk meningkatkan kualitas pendidikan di negara ini dan sesuai dengan standar global. Kurikulum 2013 memiliki tujuan yang bagus, tetapi menghadapi banyak masalah. Ini termasuk pendidik yang tidak siap, kekurangan sumber daya, dan resistensi terhadap metode pengajaran baru. Dengan menggunakan analisis konten dan deskriptif, penelitian literatur ini memberikan tinjauan komparatif dan menyelidiki konsep, implementasi, dan pengembangan kurikulum tersebut. Temuan menunjukkan bahwa kurikulum harus diperbarui dan didukung secara berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan di Indonesia.

Published

2024-08-08

How to Cite

Nabilla, S. ., Sari, G. P. ., Silalahi, N. ., Ekayani, P. ., Rahmayanti, L. ., Karmilla, K., & Setiyadi, B. . (2024). Transformasi Pendidikan di Indonesia: Dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Ke Kurikulum 2013. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(8), 9078-9083. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.5189