Analisis Strategi Komunikasi Persuasif Pandawara Group dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Indonesia terhadap Kebersihan Lingkungan Melalui Media Sosial

Authors

  • Jonathan Diven Setiawan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Heidy Arviani Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.5191

Abstract

Pandawara Group adalah organisasi nirlaba di Indonesia yang memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kebersihan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitiannya adalah Kelompok Pandawara, dan objek penelitiannya adalah strategi komunikasi persuasif kelompok tersebut dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kebersihan lingkungan melalui media sosial. Penelitian menemukan bahwa Pandawara Group berhasil menarik perhatian publik dengan strategi komunikasi persuasif yang mereka lakukan, antara lain penggunaan media sosial secara ekstensif, keterlibatan berbagai pihak, dan pendekatan emosional. Namun, kelompok ini mendapat kritik dari aktivis lingkungan karena kurang menekankan pada solusi nyata dan langkah konkrit untuk mengatasi masalah lingkungan. Penelitian menyimpulkan bahwa Kelompok Pandawara menerapkan tiga strategi komunikasi persuasif: strategi psikodinamik, strategi sosiokultural, dan strategi konstruksi makna. Meski menghadapi sejumlah tantangan, kelompok ini berhasil menarik perhatian masyarakat dan mendorong partisipasi aktif dalam menjaga lingkungan. Studi ini menyarankan untuk mendorong kolaborasi lintas sektor dalam kampanye lingkungan hidup untuk memperluas dampak dan efektivitasnya, dan mengambil contoh dari pendekatan Kelompok Pandawara yang melibatkan generasi muda dalam kegiatan lingkungan hidup.

Published

2024-07-01

How to Cite

Setiawan, J. D. ., & Arviani, H. . (2024). Analisis Strategi Komunikasi Persuasif Pandawara Group dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Indonesia terhadap Kebersihan Lingkungan Melalui Media Sosial. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(7), 6229-6239. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.5191