Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Mahar Agung Organizer
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.5204Abstract
Mahar Agung Organizer telah membangun reputasi merek dan melakukan promosi melalui komunikasi pemasaran hingga memiliki 103 ribu pengikut. Hal ini membuat peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana bentuk pemanfaatan media sosial Instagram Mahar Agung berdasarkan circular model of SOME. Penelitian ini merupakan deskriptif kulitatif dengan metode pengumpulan data berdasarkan wawancara dengan pengelola Instagram Mahar Agung Organizer. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa pada tahap share, Mahar Agung membagikan konten tentang kinerja crew, informasi dan edukasi seputar dunia pernikahan, serta konten hiburan dan momen tak terduga di acara pernikahan melalui berbagai fitur seperti Reels, Feed, dan Instastory. Pada tahap optimize, optimalisasi dilakukan menggunakan fitur berbayar Instagram Ads yang rutin dilakukan setiap bulan. Tahap ketiga manage dilakukan dengan evaluasi konten melalui analisis akun Instagram yang memanfaatkan fitur Instagram for business. Terakhir dalam membangun engage, Mahar Agung mengajak audiens untuk aktif berdiskusi dan beropini melalui kolom komentar di setiap unggahannya, serta memanfaatkan fitur direct messages untuk berkomunikasi dengan pengikut.