Pemikiran Pendidikan Berbasis Gender Perspektif R.A Kartini dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam

Authors

  • Saiful Bahri Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Rudi Irawan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Istihana Istihana Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Yulita Putri Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.5256

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan bermacam-macam materi yang terdapat dalam kepustakaan seperti pada buku-buku, catatan-catatan, makalah-makalah, jurnal-jurnal, dan lain sebagainya yang memiliki hubungan dengan masalah yang ingin di pecahkan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa gagasan pendidikan berbasis gender perspektif R.A Kartini di latar belakangi oleh keadaan sosikulturan pada masanya yang tidak memperbolehkan perempuan untuk menempuh pendidikan dan mengaktualisasikan potensi yang ada pada dirinya, selain itu tindakan diskriminasi yang berdasakan atas jenis kelamin, keturunan, dan ras juga begitu marak terjadi. Hal tersebut mendorong Kartini melakukan upaya perubahan untuk  memajukan bangsa Indonesia dari kegelapan terutama melalui jalur pendidikan, karena ia menyadari pendidikan adalah kunci utama untuk memajukan peradaban. R.A Kartini banyak menuliskan bagagasannya melalui surat-surat yang ia kirimkan kepada teman korespondensinya yang notabene nya adalah orang-orang Belanda dan memiliki pengaruh yang cukup kuat. Meskipun usia Kartini relative singkat, yaitu 25 tahun ia telah membuka sebuah sekolah pertama bagi perempuan-perempuan bumiputera untuk memperoleh pengajaran membaca, menulis, menggambar, memasak, menjahit, dan kerajinan tangan lainnya. Pemikiran pendidikan Kartini yang menekankan pada aspek kesetaraan dan kecerdasan budi pekerti memiliki relevansi dengan tujuan pendidikan islam bertujuan menciptakan manusia yang baik dengan menciptakan iklim pendidikan yang tidak hanya berhenti kepada kemampuan kognitif tetapi juga pada aspek tingkah laku yang  meliputi kehidupan spiritual dan material, manusia yang memberikan sifat kebaikan yang dicarinya.

Published

2024-07-03

How to Cite

Bahri, S. ., Irawan, R. ., Istihana, I., & Putri, Y. . (2024). Pemikiran Pendidikan Berbasis Gender Perspektif R.A Kartini dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(7), 7227-7238. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.5256