Implementasi Pandangan Esensialisme dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka

Authors

  • Nurisna Widiasri Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Achmad Imam Agung Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.5273

Abstract

Profil Pelajar Pancasila dengan keenam dimensinya merupakan materi esensial yang keberadaannya bagi bangsa Indonesia akan terus lestari meski jaman mengalami berbagai perubahan. Sistem pendidikan melibatkan berbagai elemen, termasuk tujuan, kurikulum, guru, dan siswa. Menurut perspektif esensialisme, tujuan pendidikan ialah mewariskan nilai budaya dan sejarah melalui ilmu pengetahuan yang telah terbukti dan teruji sepanjang waktu. Tujuannya adalah menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan mendorong siswa untuk mengembangkan kreativitas serta tumbuh dalam berbagai aspek, termasuk kemampuan berpikir kritis, komunikasi, dan kreativitas. Pendekatan Kurikulum Merdeka memberikan siswa kesempatan untuk belajar mandiri, mengejar minat pribadi, dan mencapai tujuan pendidikan mereka. Hal ini mencerminkan prinsip-prinsip esensialisme dalam memberikan pengetahuan yang teruji sepanjang waktu dan keterampilan yang relevan dengan kehidupan saat ini. Kurikulum Merdeka juga mendorong peran guru sebagai fasilitator pembelajaran, membantu siswa dalam mengejar tujuan mereka.

Published

2024-11-01

How to Cite

Widiasri, N., & Agung, A. I. . (2024). Implementasi Pandangan Esensialisme dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(11), 12496-12499. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.5273