Pengaruh Konseling Kelompok dengan Teknik Self Talk terhadap Kepercayaan Diri Siswa

Authors

  • Putri Setianingrum Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia
  • Asni Asni Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.5295

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrpsikan dan menganalisis pengaruh konseling kelompok dengan Teknik Self Talk dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X-3 di SMAN 76 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian Pre Experimental dengan desain one group pretest-posttest desain. Populasi yang diambil sebanyak 30 siswa pengambilan sampel 10 orang siswa dengan menggunakan teknik purpose sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan observasi dengan pengukuran skala likert serta melakukan analisis perhitungan uji T Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima dengan hasil Asymp. Sig (2-Tailed) bernilai 0,005 < 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh konseling kelompok dengan Teknik Self Talk dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X-3 di SMAN 76 Jakarta.

Published

2024-08-08

How to Cite

Setianingrum, P. ., & Asni, A. (2024). Pengaruh Konseling Kelompok dengan Teknik Self Talk terhadap Kepercayaan Diri Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(8), 9184-9188. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.5295