4 MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI METODE IQRO’ PADA SISWA SD NEGERI 4 HU’U TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

1. Uswatun Hasanah, 2. Rinto Kurniawan

Authors

  • Redaksi JIIP

Abstract

Keterampilan membaca Al-Qur’an merupakan keterampilan membaca yang baik dan benar yang sangat diharuskan untuk mengetahui dan mengenal ilmu membaca Al-Qur’an sesuai dengan tajwid. Masalah penelitian yang ingin dipecahkan melalui kegiatan ini adalah bagaimana membaca Al-Qur’an melalui Metode Iqro’di siswa kelas 5 SD Negeri 4 Hu’u tahun pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan membaca Al-Qur’an. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus  2019. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan Kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan Tes. Data yang dikumpukan berupa aktiftas siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung dan hasil tes keterampilan membaca alqur’an siswa. Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa metode yang menggunakan media Iqro’ dapat meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an pada siswa secara klasikal. pada siklus I bahwa keterampilan membaca Al-Qur’an mengalami peningkatan sebesar 25% dari 40% menjadi 85% dengan kategori mampu sebanyak 12 anak. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 20% dari 60% menjadi 80% dengan kategori mampu sebanyak 16 anak.  Hal ini berarti pembelajaran menggunakan media iqro’ dapat meningkatkan Keterampilan membaca Al-Qur’an siswa kelas 5 SD Negeri 4 Hu’u tahun pembelajaran 2019/2020.

Published

2019-09-13

How to Cite

JIIP, R. (2019). 4 MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI METODE IQRO’ PADA SISWA SD NEGERI 4 HU’U TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020: 1. Uswatun Hasanah, 2. Rinto Kurniawan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2(2), 256-261. Retrieved from https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/52