5 MENINGKATKAN KEMAMPUAN CALISTUNG MELALUI PERMAINAN GAMBAR PADA SISWA SD NEGERI 9 HU’U TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

1. Dyan Mardani, 2. Nisaulhak

Authors

  • Redaksi JIIP

Keywords:

kedisiplinan, belajar, hasil belajar

Abstract

Calistung adalah suatu pembelajaran membaca, menulis dan berhitung permulaan melalui kegiatan-kegiatan bermain untuk menyerap pikiran perasaan dan kehendak siswa dengan tulisan serta pengucapan yang baik. Masalah penelitian yang ingin dipecahkan adalah bagaimana cara meningkatkan kemampuan calistung pada siswa sekolah dasar. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan calistung siswa kelas 1 SD Negeri 9 Hu,u Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian dilaksanakan bulan Agustus 2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas. Desain atau  rancangan penelitian ini menggunakan model skema penelitian tindakan Hopskin. Subjek penelitian terdiri dari 16 anak. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan alat untuk mendapatkan data dengan menggunakan observasi dan wawancara dengan guru. Permasalahan pada studi pendahuluan diantaranya adalah guru hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan, siswa merasa jenuh karena kegiatan yang monoton dan tidak adanya suatu permainan, tidak semua anak aktif dalam pembelajaran sehingga tidak tercapainya hasil belajar yang baik. Sedang pelaksanaan siklus I anak cukup aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran walaupun masih ada anak yang kurang aktif dan belum paham tentang angka dan huruf serta kurang percaya diri anak di dalam mengikuti kegiatan calistung sehingga menjadikan hasil belajar kurang dari 75% maka dari itu perlu adanya siklus II untuk memperbaiki hasil belajar atau hasil prestasi siswa. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus II dapat disimpulkan bahwa pembelajaran calistung dapat ditingkatkan melalui permainan gambar secara klasikal dari 16 anak terdapat 14 anak telah mencapai ketuntasan belajar dan hanya 2 anak yang tidak tuntas belajarnya. Dari perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa ketuntasan belajar klasikal mencapai 87,5 % yang berarti bahwa pembelajaran dapat dikatakan berhasil dengan baik.

Published

2019-09-13

How to Cite

JIIP, R. (2019). 5 MENINGKATKAN KEMAMPUAN CALISTUNG MELALUI PERMAINAN GAMBAR PADA SISWA SD NEGERI 9 HU’U TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020: 1. Dyan Mardani, 2. Nisaulhak. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2(2), 262-267. Retrieved from https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/53

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>