Kolaborasi Musisi dan Influencer Tiktok Sebagai Strategi Promosi Lagu Kayla “Masa SMA”

Authors

  • Ronaldy Bintang Nugraha Universitas Pendidikan Indonesia
  • Agus Firmansyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Enry Johan Jaohari Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5301

Abstract

Diawali dengan kemajuan teknologi, industri musik mengalami perubahan yang ditandai dengan munculnya platform TikTok. Platform ini dapat dimanfaatkan oleh musisi untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan mempromosikan hasil kreatifitas musisi lebih efektif. Permasalahan dalam penelitian ini berfokus pada dampak kolaborasi musisi dan influencer terhadap jumlah penayangan, like, dan share lagu. Kolaborasi ini mempengaruhi tingkat interaksi dan keterlibatan pengguna TikTok dengan lagu tersebut, dan mampu menciptakan tren atau viralitas yang dapat memperluas jangkauan lagu di luar platform TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas kolaborasi musisi dan influencer TikTok sebagai strategi promosi lagu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi literatur dan analisis konten. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dalam tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kolaborasi musisi dan influencer TikTok dapat menjadi salah satu alternative strategi promosi lagu yang efektif. Faktor yang mempengaruhi efektivitas kolaborasi antara musisi dan influencer TikTok ditandai dengan meningkatnya visibilitas lagu “Masa SMA”, yaitu memperhatikan kecocokan target audiens dengan konten yang disajikan. Konten dibuat menarik, ketika seorang influencer memperkenalkan konten baru dengan lagu, audiens-nya cenderung lebih terbuka untuk mengikuti tren. Setelah lagu itu dipromosikan oleh influencer lalu menjadi tren, pengguna mencari lagu tersebut di platform lain. Oleh karena itu, dengan memperhatikan aspek-aspek ini, kolaborasi antara musisi dan influencer TikTok dapat menjadi alat yang efektif dalam memperkenalkan dan mempromosikan lagu baru kepada khalayak yang lebih luas.

Published

2024-09-26

How to Cite

Nugraha, R. B., Firmansyah, A. ., & Jaohari, E. J. (2024). Kolaborasi Musisi dan Influencer Tiktok Sebagai Strategi Promosi Lagu Kayla “Masa SMA”. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 11112-11121. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5301