Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Konten dan Produk untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5318Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi konten dan produk. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart, yang dilakukan pada siswa kelas IV SD Negeri 042/IV Kota Jambi selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan siswa dari 51,36% pada pra-siklus menjadi 61,56% pada siklus I, dan mencapai 80,00% pada siklus II. Pembelajaran berdiferensiasi disesuaikan dengan gaya belajar siswa: auditori dengan lagu, visual dengan video dan PPT, dan kinestetik dengan permainan. Pada siklus II, dilakukan perbaikan berupa peningkatan motivasi peserta didik, pembuatan kesepaka-tan kelas, pemberian apresiasi kepada siswa yang aktif, dan penerapan ice breaking untuk menjaga fokus siswa. Kesimpulannya, penerapan pembelajaran berdiferensiasi efektif dalam meningkatkan keaktifan siswa, mendukung temuan sebelumnya yang menunjukkan bahwa pendekatan ini dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran.