Pemanfaatan Media Digital dengan Aplikasi Youtube Dalam Pembelajaran (Studi Kasus Pada Anak Kelompok Usia 5-6 di RA Muslimah Sukoharjo)
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5324Abstract
Rendahnya motivasi siswa untuk belajar disebabkan karena kurangnya media pembelajaran yang membantu siswa dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan analisis terkait penggunaan media digital dalam bentuk YouTube pada pembelajaran Pendidikan Anak usia Dini. YouTube merupakan salah satu media sosial yang banyak sekali diminati oleh anak anak. Anak anak menonton film kartun dan animask lainnya melalui YouTube. Dengan adanya media pembelajaran berbasis digital dan menggunakan YouTube sebagai sarana pembelajaran merupakan salah satu hal yang penting untuk memberikan perubahan pada proses pembelajaran agar anak tidak jenuh. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang memberikan gambaran dan penjabaran tentang objek yang dikaji melalui berbagai sumber. Data penelitian ini di peroleh melalui observasi, wawancara, dan studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan adanya YouTube sebagai media pembelajaran membuat siswa merasa senang. Siswa memperhatikan selama kegiataj pembelajaran berlangsung dan siswa lebih aktif untik mengikuti kegiatan pembelajaran. Siswa lebih memperhatikan pembelajaran saat diajar oleh guru karena siswa merasa tertarik dengan video animasi yang di tampilkan. Siswa lebih mampu merespon apa yang disampaikan oleh guru dengan bantuan YouTube. Siswa merasa senang dan sangat antusias untuk mengikuti pembelajaran saat menggunakan YouTube sebagai media pembelajaran. Mereka penasaran terhadap video yang di perlihatkan oleh guru.