Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Berita
Teks Berita
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5325Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya kemahiran menulis teks berita, kurangnya rasa aktif dan pengambilan keputusan dalam pembelajaran. Dari permasalahan tersebut pendidik perlu melibatkan model pembelajaran yang tepat. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan model problem based learning dalam pembelajaran menulis teks berita berbasis lingkungan pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilangsungkan memakai teknik tes dan nontes melalui observasi, angket peserta didik, wawancara pendidik, serta dokumentasi. Berdasarkan penelitian menyatakan bahwasanya penerapan model PBL bisa diterapkan pada aktivitas belajar mengajar menulis teks berita berbasis lingkungan pada peserta didik. Hal tersebut dibuktukan nilai peserta didik rata-rata 86, selain itu didukung dengan data hasil nontes mampu mengubah peserta menjadi aktif dan bersemangat serta menambah pemahamannya dalam pembelajaran, sehingga dapat diterapkan sebagai model pembelajaran khususnya pada materi teks berita berbasis lingkungan.