Pemanfaatan Pedagogical Content Knowledge (PCK) dalam Pembelajaran Informatika Kelas X SMA GIBS
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.5327Abstract
Penelitian ini menganalisis pemanfaatan Pedagogical Content Knowledge (PCK) dalam pembelajaran Informatika kelas X di SMA GIBS. PCK mengintegrasikan pemahaman konten, karakteristik siswa, dan strategi pembelajaran untuk meningkatkan kesiapan guru dalam mengajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif Deskriptif yang merupakan penelitian yang bertumpu pada pola pikir induktif yang didasari atas pengamatan objektif dari parsitipan terhadap suatu fenomena sosial. Pada penelitian, dilakukan uji keabsahan data dengan mengukur data dan proses pencarian sudah benar. terdapat unsur yang dinilai yakni lama penelitian, proses observasi yang berlangsung, serta proses pemetaan data dengan triangulasi data. peneliti melakukan analisa dengan melakukan pengumpulan data observasi, dokumentasi, serta wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru Informatika Kelas X SMA GIBS dapat menanfaatkan ketujuh Aspek Pedagogical Content Knowledge dengan baik, namun tidak dilakukan secara bersamaan melainkan disesuaikan terhadap kebutuhan peserta didik pada pembelajaran. Serta kemampuan guru dalam merancang serta melaksanakan pembelajaran sudah cukup baik. namun masih diperlukan adanya peningkatan terhadap keterpaduan pada kemampuan peserta didik maupun guru sendiri. Disarankan untuk meningkatkan kembali kemampuan Pedagogical Content Knowledge terhadap 7 aspek yang penting diterapkan pada pembelajaran peserta didik serta kemampuan guru dalam merancang serta melaksanakan pembelajaran. Memperluas referensi terbaru untuk mempermudah Guru Informatika dalam memanfaatkan fasilitas sekolah untuk kebutuhan materi dan lainnya.