Analisis Mata Kuliah di IPB University Berdasarkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)

Authors

  • Rina Mardiana Institut Pertanian Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.5329

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis sebaran mata kuliah di IPB University berdasarkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals, SDGs) dan mengidentifikasi kontribusi mata kuliah yang tersebar di setiap fakultas terhadap pencapaian SDGs. Metodologi yang digunakan meliputi pengumpulan data dari database internal IPB yang mencakup 5450 mata kuliah. Data tersebut kemudian diolah berdasarkan kata kunci SDGs Esevier 2023 melalui filter kata negasi, penerjemahan ke Bahasa Indonesia, dan penghapusan duplikat. Analisis dilakukan dengan mengkategorisasi mata kuliah berdasarkan relevansinya dengan masing-masing dari 17 SDGs.  Hasil utama menunjukkan bahwa SDG 4 "Pendidikan Berkualitas" memiliki sebaran tertinggi dengan 5198 mata kuliah, sementara SDG 10 "Mengurangi Ketimpangan" memiliki sebaran terendah dengan 1688 mata kuliah. Temuan ini mengindikasikan komitmen IPB terhadap kualitas pendidikan, namun memerlukan peningkatan dalam pengurangan ketimpangan.

Published

2024-07-07

How to Cite

Mardiana, R. (2024). Analisis Mata Kuliah di IPB University Berdasarkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(7), 7398-7402. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.5329