Strategi Pengembangan Destinasi Wisata Pantai Turedawola dan Sawakete di Kabupaten Nias Utara
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.5343Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi yang tepat untuk mengembangkan destinasi wisata Pantai Turedawola dan Sawakete, menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan strategi dan metode kuantitatif untuk menganalisis data IFAS dan EFAS. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi, dengan sampel wisatawan yang pernah berkunjung ke pantai Turedawola dan Sawakete. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa destinasi wisata Pantai Turedawola dan Sawakete memiliki posisi strategis di kuadran I, yang menunjukkan kekuatan dan peluang. Hal ini mengindikasikan potensi strategis yang dapat dimanfaatkan dengan pendekatan agresif. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti merekomendasikan serangkaian strategi prioritas alternatif yang dapat dilakukan, yaitu peningkatan infrastruktur pariwisata, kerjasama dengan pemerintah dan pihak terkait, pelatihan SDM, promosi pariwisata, serta pengembangan pusat oleh-oleh untuk meningkatkan ekonomi lokal. Implementasi strategi ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman wisatawan dan mampu mengembangkan serta memajukan pariwisata di Pantai Turedawola dan Sawakete, Kabupaten Nias Utara.