Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas IV pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka

Authors

  • Sonya Najwa Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Zaka Hadikusuma Ramadan Universitas Islam Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5363

Abstract

Perubahan kurikulum dari kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka membawa banyak perubahan salah satunya status mata pelajaran bahasa Inggris yang lebih jelas dari sebelumnya terutama pada jenjang Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan belajar yang dialami peserta didik kelas IV SD Negeri 131 Pekanbaru pada mata pelajaran bahasa Inggris yang baru diajarkan di kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber penelitian ini ialah kepala sekolah, guru pengampu bahasa Inggris serta peserta didik kelas IV SD Negeri 131 Pekanbaru. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi dan telaah dokumen. Menggunakan teknik analisis yakni reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat delapan peserta didik yang mengalami kesulitan belajar bahasa Inggris terutama pada aspek reading, writing dan listening. Adapun penyebabnya antara lain: kurangnya minat peserta didik terhadap mata pelajaran bahasa Inggris, keterbatasan sumber belajar dari sekolah serta kurangnya bimbingan orang tua kepada peserta didik.

Published

2024-09-01

How to Cite

Najwa, S. ., & Ramadan, Z. H. . (2024). Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas IV pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 9372-9377. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5363