Pengembangan Kurikulum Pendidikan Multikultural di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5372Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrisikan bagaimana Pengembangan kurikulum pendidikan multicultural di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian library research. Suatu penelitian yang mengkaji teori-teori yang sudah ada pada teks-teks baik buku, jurnal, makalah, artikel maupun lainnya. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa, konsep pendidikan multikultural memerlukan pengembangan kurikulum yang berbasis pada pendidikan multikulutral. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pengembangan kurikulum berbasis multikultural secara filosofis meliputi progresivisme, recontruksionism dan pancasilais. Secara psikologis, pengembangan kurikulum berbasis multikultural adalah implementasi substansi multikultural sesuai dengan perkembangan siswa yang dikemukakan oleh Peaget, Erikson, dan Rosseau. Kurikulum multikultural dapat mendorong pemberdayaan siswa, melibatkan mereka dalam proses pembelajaran, dan mengembangkan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan masa depan.