Pengembangan Kurikulum Pendidikan Multikultural di Indonesia

Authors

  • Erni Susilawati Universitas Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Ani Fatimah Zahra Saifi Universitas Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Euis Komala Universitas Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Cucu Komariah Universitas Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Uus Ruswandi Universitas Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5372

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrisikan bagaimana Pengembangan kurikulum pendidikan multicultural di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian library research. Suatu penelitian yang mengkaji teori-teori yang sudah ada pada teks-teks baik buku, jurnal, makalah, artikel maupun lainnya. Berdasarkan hasil  penelitian ini bahwa, konsep pendidikan multikultural memerlukan pengembangan kurikulum yang berbasis pada pendidikan multikulutral.  Hasil penelitian ini  menunjukkan bahwa dalam pengembangan kurikulum berbasis multikultural secara filosofis meliputi progresivisme, recontruksionism dan pancasilais. Secara psikologis, pengembangan kurikulum berbasis multikultural adalah implementasi substansi multikultural sesuai dengan perkembangan siswa yang dikemukakan oleh Peaget, Erikson, dan Rosseau. Kurikulum multikultural dapat mendorong pemberdayaan siswa, melibatkan mereka dalam proses pembelajaran, dan mengembangkan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan masa depan.

Published

2024-09-01

How to Cite

Susilawati, E. ., Saifi, A. F. Z. ., Komala, E. ., Komariah, C. ., & Ruswandi, U. . (2024). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Multikultural di Indonesia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 9487-9492. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5372