Peran Guru dalam Mengintegrasikan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Dasar Fase A

Authors

  • Riries Ernie Cynthia Simanjuntak Universitas Kristen Indonesia
  • Erni Murniarti Universitas Kristen Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5381

Abstract

Studi ini membahas peran guru dalam mengintegrasikan kurikulum merdeka pada pelajaran matematika untuk siswa sekolah dasar fase A (kelas 1-3). Implementasi kurikulum merdeka menuntut perubahan signifikan dalam pendekatan pembelajaran, termasuk dalam pengajaran matematika di tingkat dasar. Studi ini bertujuan untuk menganalisis berbagai aspek peran guru, tantangan yang dihadapi, serta strategi efektif dalam menerapkan prinsip-prinsip kurikulum merdeka dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan adalah studi literatur dan analisis kualitatif dengan pendekatan kepustakaan (library research). Temuan utama menunjukkan bahwa peran guru mencakup fasilitator pembelajaran, perancang kurikulum yang adaptif, evaluator yang komprehensif, dan agen perubahan dalam sistem pendidikan. Guru dituntut untuk mengembangkan pendekatan pembelajaran yang lebih kontekstual, interaktif, dan berpusat pada siswa, sambil mengintegrasikan pengembangan karakter dan keterampilan abad 21. Hasil analisis juga mengungkapkan pentingnya pengembangan profesional berkelanjutan bagi guru, kolaborasi antar pendidik, serta kemitraan dengan orang tua dan masyarakat dalam mendukung implementasi kurikulum merdeka. Tantangan utama yang diindentifikasi meliputi kebutuhan akan perubahan mindset, penyesuaian metode penilaian, dan ketersediaan sumber daya pembelajaran yang sesuai. Kesimpulannya peran guru dalam mengintegrasikan kurikulum merdeka pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar fase A sangat kompleks dan menentukan keberhasilan implementasi, yang pada akhirnya bertujuan  meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dan mempersiapkan siswa menghadapi tantangan masa depan.

Published

2024-09-01

How to Cite

Simanjuntak, R. E. C. ., & Murniarti, E. . (2024). Peran Guru dalam Mengintegrasikan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Dasar Fase A. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 9511-9517. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5381