Strategi Komunikasi Pemasaran Digital pada Instagram @Namira.ecoprint Sebagai UMKM Lokal di Kota Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.5385Abstract
Diketahui bahwa data UMKM yang terdaftar oleh Kota Surabaya sebanyak kurang lebih 60 ribu lebih, hal ini yang mendorong pemerintah Kota Surabaya ikut andil dalam mengarahkan para pelaku UMKM untuk menggunakan media sosial serta menggunakan E-Commerce untuk memasarkan produknya serta untuk menginformasikan produknya secara luas. Salah satu pelaku UMKM yang berada dibawah binaan pemerintah Kota Surabaya yakni Namira Ecoprint. Namira Ecoprint telah berdiri sejak tahun 2019 oleh pasangan Bu Yayuk dan Pak Didik. Memiliki media sosial Instagram @namira.ecoprint sebagai media pemasaran sekaligus guna gallery dari Namira Ecoprint sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran digital yang diterapkan oleh akun Instagram @Namira.ecoprint sebagai usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal di Kota Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa strategi komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh @namira.ecoprint yaitu berfokus pada penerapan konsep 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan konsep 7P dalam strategi komunikasi pemasaran digital melalui Instagram efektif dalam meningkatkan visibilitas dan daya tarik UMKM lokal seperti @Namira.ecoprint.