Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Muhammadiyah 01 Modern Paciran

Authors

  • Dwi Lestari Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia
  • Nanang Khoirul Umam Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.5392

Abstract

Bahasa berfungsi sebagai sarana komunikasi utama yang dimanfaatkan oleh manusia untuk berkomunikasi dan menyampaikan pesan, baik melalui percakapan lisan maupun tulisan. Kesalahan dalam berkomunikasi sering terjadi pada setiap orang, terutama bagi pembelajar. Dengan adanya pembelajaran bahasa Indonesia diharapkan dapat mengurangi kesalahan mengaplikasikan norma-norma kebahasaan secara teratur melalui kebiasaan berbicara dengan penuh pertimbangan, sesuai dengan norma-norma tata bahasa yang berlaku. Penelitian ini dimaksudkan untuk memahami ketidaklancaran berbahasa Indonesia dalam situasi interaksi pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Muhammadiyah 01 Modern Paciran. Subyek penelitian terdiri dari peserta didik kelas IV dan V, yang berjumlah 34 orang. Metode penelitian yang diterapkan dalam studi ini bersifat deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Validasi penelitian ini menggunakan program SPSS dengan uji validitas dan reabilitas angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbahasa Indonesia di lingkungan sekolah masih sangat rendah. Peserta didik lebih memilih menggunakan bahasa Jawa sebagai media berkomunikasinya dibandingkan bahasa Indonesia. Penggunaan bahasa Jawa lebih mudah digunakan untuk berdiskusi juga memahami materi pembelajaran.

Published

2024-07-01

How to Cite

Lestari, D. ., & Umam, N. K. . (2024). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Muhammadiyah 01 Modern Paciran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(7), 7024-7030. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.5392