Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar dan Solusinya pada Siswa Kelas V SD Negeri Latu

Bahasa Indonesia

Authors

  • Afriani Mussa Universitas Pattimura, Indonesia
  • Elsinora Mahananingtyas Universitas Pattimura, Indonesia
  • Samuel Patra Ritiauw Universitas Pattimura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i10.5449

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimana faktor penyebab kesulitan belajar pada siswa kelas V SD Negeri Latu, (2) untuk mengetahui bagaimana solusi untuk menangani kesulitan belajar pada siswa kelas V SD Negeri Latu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas V, orang tua siswa, serta siswa kelas V. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan instrumen berupa observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukan faktor yang menyebabkan kesulitan belajar berasal dari faktor internal meliputi rendahnya minat belajar siswa, tidak memiliki tujuan belajar yang jelas, serta siswa yang mengalami gangguan kesehatan. Sedangkan faktor eksternal yang menyebabkan adalah faktor lingkungan sekolah seperti metode pengajaran yang kurang efektif, dan kurangnya fasilitas belajar yang memadai. Penyebab faktor lingkungan keluarga seperti minimnya komunikasi antara orang tua dan sekolah terkait perkembangan belajar siswa, serta penyebab lingkungan masyarakat adalah pengaruh teman dimasyarakat yang selalu bermain. Solusi untuk permasalahan tersebut dengan menerapkan metode pembelajaran interaktif dan menyenangkan, mengatur jadwal tidur, mengkomsumsi makanan bergizi, melibatkan orang tua dalam proses pendidikan, meningkatkan komunikasi antara orang tua dan pihak sekolah, serta mengadakan kelas belajar kelompok.

Published

2024-10-07

How to Cite

Mussa, A., Mahananingtyas, E. ., & Ritiauw, S. P. . (2024). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar dan Solusinya pada Siswa Kelas V SD Negeri Latu: Bahasa Indonesia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(10), 12086-12093. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i10.5449