Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pembelajaran Informatika

Authors

  • Mawaddah Mawaddah Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia
  • Darman Darman Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia
  • Hendra Nelva Saputra Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5485

Abstract

Penelitian ini berfokus pada strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pembelajaran informatika yang merupakan aspek penting dalam keberhasilan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan faktor apa saja yang sering ditemukan guru saat memberikan motivasi kepada siswa. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan metode observasi dan wawancara dengan guru informatika di sebuah sekolah menengah pertama di kendari yaitu SMPN 4 Kendari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pembelajaran informatika yaitu menggunakan pembelajaran media interaktif, project based learning (PBL), memberikan umpan balik yang konstruktif, menciptakan lingkungan pembelajaran yang medukung, memanfaatkan minat dan kebutuhan siswa, memberikan tantangan yang sesuai dan penghargaan atau pujian. Adapun faktor  penghambat yang sering di dapatkan guru saat meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu kepribadian siswa yang tidak disiplin, sulit untuk diatur, kecerdasan siswa juga masih rendah, serta efek dari lingkungan siswa yang kurang baik dan pergaulan siswa yang tidak sehat.

Published

2024-09-04

How to Cite

Mawaddah, M., Darman, D., & Saputra, H. N. . (2024). Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pembelajaran Informatika. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 10564-10569. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5485