Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik melalui Program Pembinaan Pribadi Islami

Authors

  • Lili Suryani SMP Negeri 37 Kabupaten Tebo, Indonesia
  • Khairul Anwar Institut Agama Islam Tebo, Indonesia
  • Abdul Majir UKI Santu Paulus Ruteng, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i4.549

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui kegiatan pemb-entukan karakter Islami melalui program Pembinaan Pribadi Islami di SMP Negeri 37 Kabupaten Tebo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Tujuan Pembentukan Karakter Islami Melalui Program PPI (Pembinaan Pribadi Islami) di SMP Negeri 37 Kabupaten Tebo yaitu untuk membentuk pribadi dan karakter siswa yang sholeh, tangguh dan berkarakter islami agar nantinya peserta didik siap terjun ke masyarakat sebagai generasi unggul yang cerdas, mandiri dan religius/spiritual. Kegiatan ini dilaksanakan dengan 2 program, yaitu program utama yang meliputi; pertemuan Mingguan, penugasan, malam bina iman dan taqwa, pembelajaran tahsinul dan tahfidzul Qur’an dan program penunjang yang meliputi; sholat berjamaah, shaum sunnah, Perkemahan. Implementasi program PPI (Pembinaan Pribadi Islami) di SMP Negeri 37 Kabupaten Tebo melalui pendekatan pembinaan dengan nasihat terintegrasi kedalam program kegiatan pembelajaran, pembinaan dengan keteladanan dan pembinaan dengan pembiasaan. Hasil pembentukan karakter Islami berdampak positif dengan siswa yang bertutur kata dengan bahasa yang sopan, terbiasa mengucapkan kalimat thoyyibah, melakukan ibadah rutin dengan benar, belajar amar ma’ruf nahi mungkar, berkepribadian matang dan berakhlak mulia, menghafal Al-Qur`an, doa-doa dan hadist Nabi yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Published

2022-04-08

How to Cite

Suryani, L., Anwar, K., & Majir, A. (2022). Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik melalui Program Pembinaan Pribadi Islami. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1220-1226. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i4.549