Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Menggunakan Media Visual pada Murid Kelas VII SMP Negeri 25 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.5512Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi kurangnya minat dan pemahaman menulis teks deskripsi murid. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis teks deskripsi murid kelas VII di SMP Negeri 25 Pekanbaru, dengan memperhatikan aspek judul, isi, dan ejaan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel penelitian kemampuan murid menulis teks deskripsi. Data penelitian ini berupa nilai murid menulis teks deskripsi dengan menggunakan skor yang telah ditetapkan. Populasi penelitian ini adalah murid kelas VII SMP Negeri 25 Pekanbaru yang berjumlah 110 murid. Penarikan sampel penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Berdasarkan hasil undian, ditetapkan 28 murid yang di jadikan sampel. Hasil penelitian tergolong tinggi. Hal tersebut diketahui setelah melakukan pengujian menggunakan uji t satu sampel dengan rata-rata 81,42.