Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam Meningkatkan Mutu Sekolah (Studi Deskriptif tentang Peran Kepala Sekolah dalam MBS Pada SMPN 3 dan SMPN 4 Malangbong)

Authors

  • Muhammad Ridwan Setiawan Sekolah Pascasarjana, Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Adjat Sudrajat Sekolah Pascasarjana, Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Ida Tedjawiani Sekolah Pascasarjana, Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i5.553

Keywords:

MBS, Peran Kepala Sekolah, Mutu Sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan MBS dalam meningkatkan mutu sekolah serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya, hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kepala sekolah membuat perencanaan dengan melibatkan staff manajemen sekolah dan komite sekolah berdasarkan visi, misi dan tujuan yang ingin dicapai. Perencanaan tersebut adalah perencanaan jangka pendek, menengah, dan panjang, yang meliputi perencanaan pengembangan program sekolah, SDM, sarana prasarana, pendanaan, kurikulum dan peran serta masyarakat. (2) Pengorganisasian yang dilakukan adalah menyusun stuktur organisasi sekolah, struktur komite sekolah, dan pengorganisasian di setiap bidang yang ada disekolah diantaranya pengorganisasian di bidang kesiswaan, sarana prasarana dan kurikulum. (3) Pelaksanaan MBS dalam meningkatkan mutu sekolah diantaranya pengembangan dan pemberdayaan personil melalui berbagai pelatihan, seminar, MGMP, pengembangan kurikulum lokal sesuai dengan kebutuhan dan kualifikasi pendidik, dan meningkatnya partisipasi masyarakat melalui komite sekolah dalam mendukung peningkatan mutu sekolah dalam bentuk memberikan sumbangan sukarela di setiap awal tahun pelajaran. (4) Kepala sekolah melakukan pengawasan kepada personil sekolah diantaranya melalui pembinaan, penilaian kinerja guru, pada bidang sarana prasarana dan pendanaan melalui pengecekan secara berkala. (5) Faktor pendukung pelaksanaan MBS adalah sikap profesionalisme dari kepala sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan yang cukup baik, sarana prasarana yang lengkap, lingkungan sekolah yang strategis dan kondusif serta adanya peran serta masyarakat yang cukup mendukung setiap program sekolah.

Published

2022-05-08

How to Cite

Setiawan, M. R., Sudrajat, A., & Tedjawiani, I. (2022). Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam Meningkatkan Mutu Sekolah (Studi Deskriptif tentang Peran Kepala Sekolah dalam MBS Pada SMPN 3 dan SMPN 4 Malangbong). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(5), 1335-1346. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i5.553

Most read articles by the same author(s)