Pengaruh Pemasaran Digital terhadap Volume Penjualan Usaha Bidang Kuliner

Authors

  • Wirma Permata Bunda Universitas Riau, Indonesia
  • Henny Indrawati Universitas Riau, Indonesia
  • M. Yogi Riantama Isjoni Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.5532

Abstract

Persaingan bisnis yang semakin ketat mengharuskan para pelaku usaha memperluas jangkauan pasar melalui pemasaran digital untuk dapat meningkatkan volume penjualan. Pemasaran digital diharapkan memudahkan para pelaku usaha dalam memasarkan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasaran digital terhadap volume penjualan pada usaha kuliner kafe di Kecamatan Binawidya Kota Pekanbaru. Populasi penelitian adalah seluruh usaha kuliner kafe yang berada di Kecamatan Binawidya Kota Pekanbaru yang menerapkan pemasaran digital melalui media sosial. Sampel penelitian ditetapkan sebanyak 46 usaha dengan menggunakan teknik random sampling. Data dikumpulkan  dengan menyebarkan kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menemukan bahwa pemasaran digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan usaha bidang kuliner kafe di Kecamatan Binawidya Kota Pekanbaru. Pemasaran digital mempunyai potensi besar untuk meningkatkan volume penjualan. Kemudahan akses pengguna media sosial salah satu hal yang bisa mempengaruhi pemasaran digital yang baik untuk meningkatkan volume penjualan.

Published

2024-12-01

How to Cite

Bunda , W. P., Indrawati, H. ., & Isjoni, M. Y. R. (2024). Pengaruh Pemasaran Digital terhadap Volume Penjualan Usaha Bidang Kuliner. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 13508-13513. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.5532