Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada Masa Pandemi COVID-19 di Magister Manajemen Pendidikan Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5558Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh PJJ Pada Masa Pandemi COVID-19 di Magister Manajemen Pendidikan Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif. Pengumpulan data adalah dengan menggunakan kuesioner terbuka, observasi. Hasil penelitian ini adalah: Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa selama tahap perencanaan, Pembelajaran Jarak Jauh tidak memiliki pedoman yang jelas karena kendala situasional. Meskipun telah terdapat RPP dalam Academic Information System (AIS), serta buku pedoman akademik dan buku pedoman program magister yang telah selaras yang menyesuaikan standar KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia), SN Dikti (Standar Nasional Pendidikan Tinggi) dan ISO (International Organization for Standarization). Dalam implementasinya, strategi yang digunakan adalah dengan memanfaatkan Zoom sebagai media utama. Adapun pedoman analisis Pembelajaran di UIN Jakarta mengacu pada Buku Pedoman Akademik dan Standar Mutu UIN Jakarta. Selain itu ada juga IKU (Indikator Kinerja Utama), Adapun lebih terperinci, standar mutu serta sasaran mutu internal program pendidikan sarjana serta sekolah pasca sarjana UIN Jakarta mengacu pada SNPT (Standar Nasional Pendidikan Tinggi), standar BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi), standar internasional seperti AUN-QA (Asean University Network Quality Assurance), ASIIN (Accreditation Agency for Study Programmes in Engineering, Informatics, Natural Sciences and Mathematics), Islamic-QA(Islamic Quality Assurance), ISESCO (Islamic Educational Scientific and Cultural Organization), QS Star Quacquarelli Symonds).