Pengaruh Kurikulum dan Sarana Prasarana terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD Dharma Karya UT

Authors

  • Lili Muliawati Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i4.558

Abstract

Sejalan dengan tantangan kehidupan global, peran dan tanggung jawab guru pada masa mendatang akan semakin kompleks, sehingga menuntut guru untuk senantiasa melakukan berbagai peningkatan dan penyesuaian penguasaan kompetensinya. Guru harus lebih dinamis dan kreatif dalam mengembangkan proses pembelajaran siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi tentang pengaruh kurikulum terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa pada Sekolah Dasar Dharma Karya UT Pamulang. Uji ANOVA atau Ftest atau Fhitung di dapat nilai sebesar 18.297 sedangkan Ftabel untuk N=40 sebesar 2.84 Dengan demikian nilai Fhitung (18.297) > Ftabel (2.84), sehingga jelas H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan terbukti Fhitung > Ftabel, dapat dinyatakan bahwa Kurikulum (X1) dan sarana prasarana (X2) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang positif terhadap Hasil belajar (Y) pada Sekolah Dasar Dharma Karya UT Pamulang. Dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 karena 0,000 < 0,05, maka dapat dikatakan variabel Kurikulum (X1) dan variabel sarana prasarana (X2) secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel Hasil belajar (Y). Nilai R Square sebesar 0.497 artinya kedua variabel bebas X1 dan X2 secara bersama-sama berpengaruh sebesar 49.7% dan sisanya sebesar 50.3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak teramati oleh penulis.

Published

2022-04-14

How to Cite

Muliawati, L. (2022). Pengaruh Kurikulum dan Sarana Prasarana terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD Dharma Karya UT. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1270-1273. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i4.558