7 MENINGKATKAN BERBAHASA SISWA MELALUI METODE BERCERITA PADA SISWA SD NEGERI 3 HU’U TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

1. Umar Yadi, 2. Nurbaya

Authors

  • Redaksi JIIP

Abstract

Pembelajaran tentang berbahasa dihadapkan siswa merupakan pelajaran yang kurang menarik dan sulit dipahami. Hal ini dapat di sebabkan oleh penjelasan guru tentang bahasa yang masih bersifat abstrak belum begitu menyentuh kesesuatu yang kongkrit dan nyata. Guru kurang kreatif dan inofatif untuk membuat media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang disampaikan. Untuk mengatasi hal yang seperti ini diperlukan guru yang kreatif dan inovatif dan juga sangat tahu tentang bahasa yang dapat mengemas pelajaran menjadi lebih menarik sehingga disukai oleh siswa dan aktifitas belajar siswa menjadi lebih meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motifasi belajar siswa terutama dalam belajar berbahasa, subyek penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD Negeri 3 Hu’u tahun pembelajaran 2019/2020. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus. Hasil analisis dalam setiap siklus dipakai sebagai acuan (refleksi) pada interaksi belajar mengajar siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan belajar berbahasa pada siswa dapat dilakukan dengan berbagai upaya. Dari 20 siswa terdapat 17 siswa yang meningkat tingkat bahasanya. Secara individu 2 siswa yang tidak meningkat aktivitas belajar berbahasanya. Dari perhitungan tersebut dapat diketahui peningkatan aktivitas belajar berbahasa secara klasikal yang diperoleh 85% yang berarti peningkatan aktivitas belajar berbahasa secara klasikal tercapai. Hal ini berarti metode bercerita dapat meningkatkan aktivitas berbahasa siswa kelas 2 SD Negeri 3 Hu’u tahun pembelajaran 2019/2020.

Published

2019-09-13

How to Cite

JIIP, R. (2019). 7 MENINGKATKAN BERBAHASA SISWA MELALUI METODE BERCERITA PADA SISWA SD NEGERI 3 HU’U TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020: 1. Umar Yadi, 2. Nurbaya. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2(2), 273-278. Retrieved from https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/55