Strategi Guru dalam Menstimulasi Kemampuan Sosial Anak Usia 4-5 Tahun dalam Permainan Estafet Bola
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5600Abstract
Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan fase krusial dalam perkembangan anak, sering disebut sebagai masa keemasan. Salah satu aspek penting yang perlu dikembangkan adalah kemampuan sosial, yang mencakup kesadaran diri, rasa tanggung jawab, dan perilaku sesuai norma sosial. Permainan estafet bola merupakan metode yang efektif untuk menstimulasi kemampuan sosial anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi guru dalam menstimulasi kemampuan sosial anak melalui permainan estafet bola di TKIT Insan Madani Madiun. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru meliputi tahap pra bermain, bermain, dan penutup. Pada tahap pra bermain, guru memberikan penjelasan aturan dan memotivasi anak. Tahap bermain melibatkan pengamatan guru terhadap interaksi anak dan memberikan dorongan. Tahap penutup melibatkan refleksi pengalaman bermain anak. Strategi ini efektif dalam mengembangkan kemampuan sosial anak, yang ditandai dengan peningkatan kerjasama, pemahaman aturan, dan tanggung jawab anak. Penelitian ini memberikan kontribusi pada praktik pembelajaran PAUD dan pentingnya permainan dalam mengembangkan kemampuan sosial anak.