Strategi Guru dalam Menstimulasi Penanaman Karakter Kemandirian Anak Usia Dini Pada Kegiatan Model Pembelajaran Berdiferensiasi
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5611Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi yang digunakan oleh guru dalam menstimulasi penanaman karakter kemandirian pada anak usia dini melalui kegiatan model pembelajaran berdiferensiasi. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang strategi tersebut. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen terkait kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan berbagai strategi untuk menstimulasi penanaman karakter kemandirian pada anak usia dini dalam kegiatan model pembelajaran berdiferensiasi. Strategi yang digunakan meliputi memberikan tugas mandiri yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak, memberikan tanggung jawab dalam kegiatan pembelajaran, memberikan umpan balik positif, serta memberikan contoh perilaku mandiri. Temuan ini mengindikasikan pentingnya peran guru dalam membimbing dan memfasilitasi perkembangan karakter kemandirian anak usia dini melalui model pembelajaran berdiferensiasi. Implikasi dari penelitian ini dapat menjadi acuan bagi guru dan pendidik dalam merancang strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemandirian anak usia dini dalam lingkungan pendidikan formal.