Formulasi Strategi Pemasaran Jasa dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan (Studi pada GuruInovatif.id)

Authors

  • Sarah Dita Azalya Universitas Padjadjaran, Indonesia
  • Tetty Herawaty Universitas Padjadjaran, Indonesia
  • Healthy Nirmalasari Universitas Padjadjaran, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5614

Abstract

Penelitian ini bertujuan merumuskan strategi pemasaran untuk meningkatkan loyalitas pelanggan GuruInovatif.id menggunakan metode kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi data. Analisis data melibatkan matriks EFE, IFE, IE, SWOT, dan QSPM dalam tiga tahap perumusan strategi. Hasilnya menunjukkan pentingnya evaluasi bagi GuruInovatif.id dalam mengembangkan strategi pemasaran. Data wawancara direduksi untuk proses perumusan strategi. Pada tahap pertama (the Input Stage), matriks IFE (skor 2,65) dan EFE (skor 2,9) mengevaluasi faktor internal dan eksternal. Tahap kedua (the Matching Stage) menggunakan matriks IE dan SWOT; posisi GuruInovatif.id di kuadran V matriks IE menunjukkan strategi hold and maintain melalui penetrasi pasar dan pengembangan produk. Analisis SWOT menghasilkan 13 strategi, termasuk strategi SO, WO, ST, dan WT. Lima prioritas strategi dari QSPM (the Decision Stage) meliputi: membuat konten promosi menarik, menyasar pasar berbeda dengan PMM, membuat materi untuk guru pemula, menawarkan pelatihan dengan harga berbeda, dan menggunakan berbagai media sosial. Strategi ini diharapkan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan GuruInovatif.id.

Published

2024-09-03

How to Cite

Azalya, S. D., Herawaty, T. ., & Nirmalasari, H. . (2024). Formulasi Strategi Pemasaran Jasa dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan (Studi pada GuruInovatif.id). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 10238-10245. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5614