Strategi Pengembangan pada Daya Tarik Wisata Lumbung Stroberi Batu
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.5637Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pengembangan pada daya tarik wisata Lumbung Stroberi Batu. Penelitian ini menggabungkan metodologi kualitatif dan deskriptif. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif dalam teknik pengumpulan dan pengolahan data, yang dibuktikan dengan metode yang digunakan untuk memperoleh data melalui survei observasi, wawancara dan dokumentasi. Kelebihan dan kekurangan merupakan faktor internal Lumbung Stroberi. Ketersediaan produk stroberi, kondisi Lumbung Strawberry, fasilitas yang lengkap, posisi Lumbung Strawberry yang strategis, dan usaha menjadi keunggulan Lumbung Stroberi. Sementara itu, kurangnya keragaman dan daya tarik atraksi, tingkat dan kemampuan staf, serta harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan pesaing merupakan kelemahannya. Ancaman dan peluang merupakan elemen eksternal Lumbung Stroberi. Peluang bagi Lumbung Stroberi mencakup dukungan masyarakat lokal, dukungan pemerintah, pertumbuhan pariwisata Kota Batu setiap tahun, penggunaan teknologi yang terus berkembang, dan peningkatan tingkat pariwisata. Sementara itu Lumbung Stroberi dihadapkan pada berbagai ancaman, seperti cuaca dan iklim yang tidak menentu dan pesaing yang sejenis.