Evaluasi Kualitas Konten Pembelajaran Bahasa Arab Digital
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5744Abstract
Bahasa Arab sebagai bahasa universal umat Islam menjadi salah satu bahasa dengan penutur terbanyak di dunia. Demi menjaga eksistensinya para pengajar bahasa Arab menggunakan berbagai media pembelajaran bahasa seperti layaknya bahasa Inggris guna untuk memudahkan peserta didik dalam mempelajarinya. Diantara media pembelajaran tersebut adalah menggunakan aplikasi digital berupa audio, visual dan audio visual. Seiring penggunaan media tersebut ternyata terdapat beberapa kendala ketika pembelajaran berlangsung. Maka diperlukannya evaluasi mengenai konten pembelajaran bahasa Arab yang sudah ada di beberapa flatform digital. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menilai sejauh mana kualitas konten pembelajaran bahasa Arab yang disediakan secara digital. Penelitian ini menggunakan metode evaluatif dengan pendekatan kualitatif untuk mengevaluasi kualitas konten pembelajaran bahasa Arab digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun konten pembelajaran bahasa Arab digital telah berkembang, masih terdapat beberapa aspek yang perlu ditingkatkan, serta penyajian materi yang lebih interaktif, personalisasi pembelajaran, dan integrasi umpan balik yang komprehensif. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi pengembang konten pembelajaran bahasa Arab digital untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas pembelajaran di masa mendatang.