Analisis Kompetensi Sosio Emosional Siswa dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar David Kolb
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.5780Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kompetensi sosio emosional siswa dengan menggunakan gaya belajar David Kolb sehingga dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Prosedur dalam penelitian ini meliputi persiapan dengan menentukan lokasi penelitian, menyiapkan instrumen penelitian, menyusun rencana penelitian dan analisis data. Kemudian dilanjutkan dengan tahap persiapan yaitu dengan menyebar angket dan mengidentifikasi gaya belajar. Langkah selanjutnya adalah analisis data dengan mengolah dan menyusun hasil penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket gaya belajar dan modul ajar. Data dianalisis dengan menggunakan analisis gaya belajar David Kolb, dan Analisis Sosio Emosional Siswa, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) siswa dengan gaya belajar diverger menunjukkan perkembangan sosio emosional yang sangat baik, terutama dalam aspek self-awareness, social awareness, dan responsible decision making, (2) siswa dengan gaya belajar assimilating mengalami perkembangan yang sesuai harapan, fokus pada self-awareness, self-management, dan responsible decision making, (3) gaya belajar converger menunjukkan perkembangan yang baik dalam aspek self-awareness, social awareness, dan relationship management, (4) Gaya belajar accommodator menunjukkan perkembangan yang baik dalam self-management, relationship management, dan responsible decision making. Pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar masing-masing siswa meningkatkan kompetensi sosio-emosional mereka, mendukung perkembangan potensi secara optimal dan seimbang.