Analisis Pengguna Aplikasi Tiktok pada Karakter Peduli Sosial Siswa Kelas VI SDN Kraton 1 Bangkalan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5793Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pengguna aplikasi TikTok terhadap karakter peduli sosial pada siswa SDN Kraton 1 Bangkalan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini yaitu 5 siswa kelas VI pengguna aplikasi TikTok tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini dimulai pada tanggal 20 Mei sampai 12 Juni 2024. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya dampak pengguna aplikasi TikTok yang dapat memengaruhi karakter peduli sosial siswa kelas VI SDN Kraton 1 Bangkalan ditinjau dari frekuensi, durasi, pengetahuan, dan perhatian. Dampak tersebut mengarahkan kepada karakter peduli sosial siswa, seperti memunculkan dampak positif, dampak negatif, potensi, dan hambatan siswa pengguna aplikasi TikTok terhadap karakter peduli sosialnya. Kesimpulan penelitian ini yaitu pengguna aplikasi TikTok memengaruhi menurunnya dan meningkatnya karakter peduli sosial sesuai dengan penggunaan masing-masing siswa pada aplikasi TikTok siswa kelas VI di SDN Kraton 1 Bangkalan.