Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education dan Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Geometri Di Kelas V Sd Kota Solok Artikel

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5801

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan problem solving di kelas V Sekolah Dasar terhadap hasil belajar dalam pembelajaran Geometri di Kota Solok. Pembelajaran matematika yang kurang optimal menyebabkan rendahnya hasil belajar dan sikap pasif siswa terhadap pembelajaran Geometri. Penelitian ini menggunakan metode quasi-eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas V yang terdiri dari 2 kelas dengan total 36 siswa. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui tes kemampuan awal dan akhir, kemudian dianalisis menggunakan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai signifikansi p-value untuk variabel RME adalah 0,000 < 0,05 dan untuk variabel problem solving adalah 0,000 < 0,05, yang menunjukkan perbedaan signifikan dalam hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan kedua pendekatan tersebut. Uji model univariat juga mengindikasikan bahwa baik RME maupun problem solving secara signifikan mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis ini, hipotesis nol (H0) ditolak untuk kedua variabel, mengonfirmasi bahwa penerapan pendekatan RME dan problem solving memiliki dampak signifikan terhadap peningkatan hasil belajar geometri siswa. Penelitian ini menunjukkan pengaruh terhadap hasil pembelajaran yang dilakukan di Kelas V SDN 21 PPA.

Published

2024-09-02

How to Cite

Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education dan Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Geometri Di Kelas V Sd Kota Solok Artikel. (2024). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 10099-10104. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5801