Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Narasi Non Fiksi Bidang Sosial pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Nur Hayati Daulay Universitas Jambi, Indonesia
  • Maryono Maryono Universitas Jambi, Indonesia
  • Violita Zahyuni Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i10.5831

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman teks narasi non fiksi bidang sosial pada peserta didik kelas V SD, beragam kemampuan membaca pemahaman teks narasi non fiksi bidang sosial pada peserta didik dan faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca pemahaman teks narasi non fiksi bidang sosial peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SDN 111/1 Muara Bulian pada tanggal 3 Maret 2024 hingga 3 Juni 2024. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengumpulan data bertujuan untuk melihat kemampuan membaca pemahaman teks narasi non fiksi bidang sosial peserta didik kelas V SDN 111/1 Muara Bulian. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti memilih pendekatan kualitatif dengan alasan sesuai dengan tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman teks narasi non fiksi bidang sosial pada peserta didik kelas V SDN 111/1 Muara Bulian. Adapun subjek pada penelitian ini adalah peserta didik dan guru kelas V SDN 111/1 Muara Bulian. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan tahapan pertama reduksi data, tahapan kedua penyajian data, dan tahapan ketiga verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan membaca pemahaman teks narasi non fiksi bidang sosial pada peserta didik kelas V SDN 111/1 Muara Bulian beragam. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca pemahaman teks non fiksi peserta didik kelas V SDN 111/1 Muara Bulian beragam dengan berbegai kategori penilaian.

Published

2024-10-03

How to Cite

Daulay, N. H. ., Maryono, M., & Zahyuni, V. . (2024). Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Narasi Non Fiksi Bidang Sosial pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(10), 11594-11602. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i10.5831