Pengaruh Penggunaan Media Kahoot Terhadap Kualitas Hafalan Al-Quran Siswa Pada Program Tahfidz di SMP Muhammadiyah 57 Medanunaan Media Kahoot Terhadap Kualitas Hafalan Al-Quran Siswa Pada Program Tahfidz Di Smp Muhammadiyah 57 Medan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5857Abstract
Tujuan dari riset ini yakni agar menganalisa pengaruh dampak pemanfaatan media Kahoot pada kualitas hafalan Al-Quran. Penelitian akan dilakukan di SMP Muhammadiyah 57 Medan. Populasi dari riset ini mencakup semua anak didik Kelas VII di SMP Muhammadiyah 57 Medan, dengan total 116 siswa. Sampel yang diambil melalui dua kelas, yakni Kelas VII-A serta VII-B, dari total 56 anak yang akan dijadikan sebagai sampel penelitianTeknik pengambilan sampel menggunakan quasi- eksperimen yang memberi perbandingan hasil angket kelas eksperimen serta kelas kontrol. Persyaratan uji analisis meliputi uji validitas, normalitas, homogenitas, dan data dianalisis melalui uji hipotesis independent t-test. Dari hasil normalitas pada penggunaan Shapiro-Wilk, bisa ditarik simpulan data Pre-Test dari kelas eksperimen serta kelas kontrol terdistribusi normal. Maka, nilai signifikansi kedua kelas yakni 0,166 serta 0,121, di mana kedua nilai tersebut lebih besar dari 0,05. Nilai Post-Test dari kelas eksperimen serta kelas kontrol juga menunjukkan data yang terdistribusi normal. Nilai signifikansi yang didapatkan yakni 0,169 serta 0,245, dimana hasilnya lebih besar dibanding 0,05. Melalui hasil uji homogenitas yang dilakukan melalui SPSS 24.0 For Windows, didapatkan nilai 0,240, dan lebih besar dibanding 0,05. Ini menggambarkan kedua kelompok bervarians yang homogen. Berdasarkan hasil uji hipotesis, bisa diketahui Ha diterima di serta H0 ditolak, yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi 0,000, lebih kecil dibanding 0,05. Artinya, ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan media.