Penggunaan Teknik Umpan Balik (Feedback) dalam Membangun Kualitas Belajar Siswa

Authors

  • Ardina Zai Universitas Nias, Indonesia
  • Fatiani Lase Universitas Nias, Indonesia
  • Anugerah Tatema Harefa Universitas Nias, Indonesia
  • Amstrong Harefa Universitas Nias, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5858

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan teknik umpan balik (feedback) dalam proses belajar mengajar di SMP Negeri 1 Idanogawo Tahun Pelajaran 2023/2024. Untuk mengetahui kualitas belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VIII di SMP Negeri 1 Idanogawo Tahun Pelajaran 2023/2024. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan oleh peneliti yang berjudul: Penggunaan Teknik Umpan Balik (Feedback) dalam membangun kualitas belajar siswa kelas VIII Di SMP Negeri 1 Idanogawo Tahun Pelajaran 2023/2024, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa: Berdasarkan analisis data, Pada Siklus I (pertemuan 1 dan 2) kemampuan guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran mencapai rata-rata 50,70% berada pada kriteria penilaian "kurang", sedangkan pada Siklus II (pertemuan 1 dan 2)  mencapai rata-rata 87,15% atau berada pada kriteria penilaian "baik". Pada Siklus I (pertama) Kualitas belajar siswa mencapai rata-rata 67,12, sedangkan pada Siklus II (dua) hasil belajar siswa mencapai rata-rata 85,26. Persentase ketuntasan pada siklus I sebesar 56,67%, masih belum mencapai target dengan demikian maka penelitian dilanjutkan pada siklus II. Pada pelaksanaan penelitian siklus II (kedua) maka peneliti memperoleh persentase ketercapaian ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 100%, berada pada interval tinggi. Artinya ada peningkatan kualitas belajar siswa dalam penggunaan teknik umpan balik (feedback). Temuan dalam penelitian ini sejalan dengan teori yang mendasarinya. Penggunaan teknik umpan balik (feedback). Dapat membangun kualitas belajar siswa pada mata pelajaran  Pkn.

Published

2024-09-04

How to Cite

Zai, A., Lase, F. ., Harefa, A. T. ., & Harefa, A. . (2024). Penggunaan Teknik Umpan Balik (Feedback) dalam Membangun Kualitas Belajar Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 10824-10832. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5858