Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Kemampuan Kolaborasi, dan Dukungan Infrastruktur terhadap Kompetensi Digital Guru SD XYZ Jakarta

Authors

  • Yohanes Wisnu Purbo Ismoyo Perkumpulan Strada, Indonesia
  • Innocentius Bernarto Perkumpulan Strada, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5860

Abstract

Terjadinya pandemi Covid-19 yang mulai tejadi pada tahun 2020 awal, membawa perubahan besar pada proses pembelajaran. Pembatasan berbagai kegiatan dan mobilitas masyarakat berdampak pada sekitar 70 juta siswa karena pembelajaran secara tatap muka di sekolah tepaksa harus dihentikan sementara waktu. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), kemampuan kolaborasi, dan dukungan infrastruktur terhadap kompetensi digital guru SD XYZ Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode PLS-SEM untuk menganalisis pengaruh koefisien jalur terhadap variabel yang diteliti. Responden penelitian ini adalah semua guru di SD XYZ Jakarta yang berjumlah 67 orang dengan mengisi survei menggunakan pendataan sensus melalui aplikasi google forms. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan model SEM (Structural Equation Modeling) dengan aplikasi PLS 4.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), kemampuan kolaborasi, dan dukungan infrastruktur berpengaruh positif terhadap kompetensi digital guru. Hasil dari importance- performance map analysis (IPMA) menunjukkan bahwa pemanfaatan TIK memiliki tingkat kepentingan yang tinggi dan kinerja yang baik sehingga kinerja variabel tersebut harus dipertahankan. Kemampuan kolaborasi harus ditingkatkan kinerjanya karena memiliki tingkat kepentingan yang tinggi, tetapi kinerja rendah. Dukungan infrastruktur memiliki tingkat kepentingan rendah, tetapi mempunyai kinerja baik, variabel ini menjadi prioritas utama untuk diperbaiki.

Published

2024-09-04

How to Cite

Ismoyo, Y. W. P. ., & Bernarto, I. . (2024). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Kemampuan Kolaborasi, dan Dukungan Infrastruktur terhadap Kompetensi Digital Guru SD XYZ Jakarta. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 10833-10839. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5860