Analisis Persepsi Sustainable fashion pada Generasi Z di Tiktok
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5899Abstract
Penelitian ini akan membahas mengenai persepsi pesan sustainable fashion di kalangan generasi Z pada media sosial tiktok. Hal tersebut penting dilakukan karena saat ini banyak generasi Z mengonsumsi fast fashion yang menjadi konsumsi sehari-hari. Sustainable fashion hadir untuk meminimalisir dampak yang dihasilkan oleh fast fashion, sehingga banyak konten-konten di tiktok yang membahas pentingnya penerapan sustainable fashion saat ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi pesan yang disampaikan melalui tiktok dengan pembahasan sustainable fashion. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan hasil yang lebih jelas dalam melihat persepsi sustainable fashion pada generasi Z dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah generasi Z mendapatkan informasi baru terhadap sustainable fashion yang menjadi gaya hidup berkelanjutan dengan lebih peduli terhadap lingkungan. Sehingga banyak yang terbantu dan sadar akan pentingnya menerapkan sustainable di kehidupan sehari-hari khususnya produk fashion. Kesimpulan pada penelitian ini adalah kurangnya pengimplementasian pada informasi yang telah didapat sehingga generasi Z masih banyak yang melakukan konsumsi produk fast fashion.